Headlines News :
Home » » 10 Cara mengatasi gigi sensistif

10 Cara mengatasi gigi sensistif



Apabila anda merasakan nyeri yang tajam dan sementara ketika anda makan, minum, menggosok gigi, atau saat menggunakan benang flos, berarti anda memiliki gigi yang sensitif. Gigi sensitif seringkali menjadi masalah kecil yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Lantas, apa saja langkah-langkah untuk mengatasinya? Berikut ini 10 Cara Alami dan Cepat Untuk Mengatasi atau Mengobati Gigi Ngilu dan Sensitif


1. Gunakan pasta gigi sensitif

Selalu gunakan pasta gigi untuk gigi yang sensitif. Pasta gigi khusus gigi yang sensitif banyak tersedia di pasaran. Gunakanlah pasta gigi yang memang mengandung formula yang bisa menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi anda ngilu.


2. Gunakan produk berbahan fluoride

Kerusakan enamel gigi adalah salah satu penyebab gigi sensitif. Oleh sebab itu Anda perlu memperkuat enamel gigi untuk mengurangi rasa sensitifnya. Pilihlah produk pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride. Bahan ini dapat menguatkan enamel gigi.


3. Gunakanlah sikat gigi yang lembut

Hindari pemakaian sikat gigi yang kaku cobalah berganti pada sikat gigi yang lembut. Sikat gigi yang keras dan kaku bisa mempercepat pengikisan pada email gigi. Rendamlah sikat gigi yang kamu pakai ke dalam air panas untuk melembutkan dan mengangkat kototran yang menempel pada sikat gigi.


4. Hindari menggosok gigi terlalu kencang

Menggosok gigi terlalu kencang dapat memperparah gigi sensitif, ini karena jika menggosok gigi terlalu kencang dapat menyebabkan akar gigi akan terekspose dan menyebabkan rasa nyeri makin menjadi-jadi. Oleh karena itu gosoklah gigi secara lembut.


5. Sikatlah gigi secara teratur

Selain itu telitilah dalam menyikat gigi anda. Terlalu sering lupa menyikat gigi akan meningkatkan kadar asam dalam mulut dan merapuhkan gigi anda. Akibatnya plak akan mudah terbentuk dan menjadi penyebab gigi sensitif.


6. Gunakan pembersih mulut (Mouthwash)

Untuk menjaga kesehatan gigi sensitif Gunakanlah mouthwash agar gigi anda terhindar oleh ngilu. Sebab ada zat aktif yang bisa berfungsi untuk mengusir kuman dan mengancurkan karang gigi yang menyebabkan gigi terasa ngilu.


7. Jangan makan permen karet

Permen karet memang berfungsi untuk memutihkan gigi, namun terlalu sering mengunyah permen karet justru akan mengikis kekuatan gigi anda. Karena permen karet akan mengakibatkan penipisan pada dinding gigi, meskipun efeknya gigi anda terlihat lebih putih.


8. Hindari makanan yang terlalu panas/dingin dan asam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan yang dingin dan panas akan membuat gigi ngilu. Hindari makanan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Hindari juga memakan buah-buahan yang terlalu asam, termasuk minuman yang juga terlalu asam. Beberapa minuman dengan tingkat keasaman tinggi diantaranya adalah wine, jeruk elmon dan soft drink.


9. Berkumur setelah mengonsumsi makanan asam

Makanan yang mengandung asam cuka dapat mempercepat rusaknya enamel gigi, jadi berkumurlah segera setelah mengonsumsi makan tersebut. Dan Anda tidak perlu menghindari makanan ini karean cukup berkumur setelah mengonsumsinya itu sudah cukup.


10. Jaga kebersihan gigi anda

Gigi yang tidak dirawat dengan tidak baik bisa menjadi salah satu pemicu gigi sensitif. Cara ini mungkin terdengar sederhana, namun banyak juga yang gagal melakukannya. Bukan karena sulit, namun karena “emoh” atau malas. Menjaga gigi dan mulut dalam kondisi bersih sangat efekif untuk menghindari berbagai masalah mulut, seperti gigi sensitif.
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2014. SURYA COMM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger