Headlines News :
Home » » Menu Makanan Favorit di Cirebon

Menu Makanan Favorit di Cirebon

Wisata Kuliner

Nasi Jamblang
Sega Jamblang (Nasi Jamblang dalam Bahasa Indonesia) adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Empal gentong
Adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat).[rujukan?] Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.
Mie koclok 
Mie Koclok ala Cirebon ini kuahnya seperti Bubur Santan yang kental. Kuahnya kental dan gurih disiramkan diatas mie Telor, kemudian ditambah taburan daun bawang, irisan telur rebus dan merica. Hmmm nikmat sekali dimakan malam hari sebagai penghangat badan.
Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai(Chlorella sorokiniana) dan sambal berupa cabai kering giling.[rujukan?] Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. lontong menurut orang cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam.
Docang
Adalah makanan khas Cirebon, yang merupakan perpaduan dari lontong, daun singkong, toge, dan kerupuk, yang berkolaborasi sayur Dage/Tempe Gembos (yang dihancurkan) serta di kombinasikan dengan parutan kelapa muda. Makanan ini mempunyai rasa khas yang gurih dan nikmat apabila disajikan dalam keadaan panas/hangat dan untuk harga relatif terjangkau semua kalangan, docang adalah makanan asli Cirebon yang lambat laun dengan segala kemajuan zaman dan perkembangan makanan Fast Food docang mulai bergeser dan lambat laun jarang ditemui.
Tahu Gejrot
Adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil.


Ketoprak 
Adalah salah satu jenis makanan khas Cirebon dengan menggunakan ketupat atau lontong yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya. Di Cirebon ketoprak banyak dijumpai di PGC (pusat grosir Cirebon) yang dulu lebih dikenal pasar pagi.
Kerupuk Melarat 

Adalah salah satu makanan khas Cirebon dan sekitarnya. Makanan ini disajikan dengan menambahkan sambal asam. Jajanan kerupuk melarat sangat cocok disantap pada musim kemarau, selain menambah selera makan juga dapat membangkitkan semangat kerja. Tepung tapioka adalah bahan dasarnya, dengan bentuk seperti tali rafia yang ruwet (urak-urakan) dengan beragam warna, di antaranya merah mudah, kuning, putih, dan hijau. Melarat berarti miskin. Kerupuk melarat digoreng tidak memakai minyak goreng, tapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, yang melalui proses pengeringan dan penyaringan dengan cara diayak.

Kerupuk melarat yang digoreng dengan menggunakan pasir disiram dengan sambal khusus. Sambalnya terbuat dari campuran sambal oncom atau di Cirebon disebut dage yang diberi bumbu-bumbu khusus. Kerupuk yang garing langsung menyerap sambal bercita rasa pedas yang disiramkan. Tekstur kerupuk yang jadi empuk setelah disiram terasa begitu lembut di lidah. Rasa pedasnya pas. Penasaran dengan menu yang kerap disebut kerupuk banjur ini? Langsung saja datangi lokasi. Menu ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 3 ribu per porsinya.
Sirup tjampolay 
adalah sirup khas Cirebon yang telah diproduksi sejak tahun 1936, sirup Tjampolay terdiri dari berbagai macam rasa buah-buahan seperti melon, mangga gedong, jeruk nipis dan nanas bahkan rasa kopi moka pun ada.namun dari sekian banyak macam rasa tersebut yang menjadi favorit ialah rasa pisang susu. Karena selain rasa manisnya yang khas, warna sirupnya pun sangat menarik, yaitu merah jambu. Sehingga tampak manis untuk dicampur dengan berbagai macam aneka es, seperti es campur ataupun es kelapa misalnya. Tjampolay Rasanya yang dinilai banyak orang cukup nikmat dan segar, menjadikan sirup Tjampolay rasa pisang susu ini banyak dijadikan sebagai buah tangan khas Cirebon. Siapa pun yang berburu oleh-oleh di kota udang ini, hampir dapat dipastikan melirik sirup Tjampolay sebagai salah satu pilihannya. Sirup Tjampolay kini dapat ditemui diberbagai tempat, mulai dari toko kelontong, mini market, toko pusat oleh-oleh, hingga super market dengan harga yang cukup terjangkau.
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2014. SURYA COMM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger